Memilih Ide Usaha Kreatif Favorit di Indonesia

By | February 1, 2020

Saat ini hampir sebagian besar masyarakat Indonesia mengalami dampak dari datangnya virus Corona ke Indonesia. Dari mulai yang usahanya terdampak sehingga harus tutup, terjadi PHK dari perusahaan atau kantor tempatnya bekerja hingga usaha yang sepi dari pembeli. Karena itulah saat ini mulai banyak yang mencari alternatif usaha kreatif untuk memberikan solusi atas permasalahan usaha saat ini.

Beberapa Jenis Usaha Kreatif Yang Paling Diminati Masyarakat Masa Kini

Memilih usaha kreatif tentunya tidaklah semudah memilih jenis usaha biasa. Namun yang paling penting untuk diingat adalah bahwa ada banyak sekali usaha kreatif namun belum tentu usaha itu cocok untuk Anda. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi usaha kreatif yang memiliki banyak peminat di Indonesia.

  1. Sambal kemasan jar

Jenis usaha kreatif yang pertama adalah usaha sambal kemasan jar. Berbisnis sambal kemasan ini sudah memiliki target konsumen yang jelas yaitu mereka yang menyukai makanan pedas. Sambal akan membuat acara makan menjadi lebih nikmat dengan lauk apapun itu. Apalagi jika di daerah Anda bahan baku cabai bisa didapat dengan harga murah.

Cara memulainya adalah dengan mempelajari bagaimana cara membuat sambal yang benar dan agar bisa bertahan lama tanpa tambahan bahan pengawet. Kemudian pastikan bahan baku yang Anda pakai adalah yang paling berkualitas. Perhatikan cara membuat dan pengemasannya harus mengutamakan kehigienisan.

Usahakan untuk mengemas sambal dengan kemasan yang aman dan menarik. Anda bisa mempromosikan bisnis dengan menggunakan media sosial. Sediakan berbagai jenis sambal yang sekiranya akan menjadi favorit banyak orang seperti sambal cumi, sambal ikan asin, sambal bajak dan lain sebagainya.

  1. Bisnis Emas Batangan

Saat ini Indonesia sedang terancam untuk menghadapi masa resesi. Banyak masyarakat yang kemudian berbondong-bondong untuk mengalihkan harta benda mereka dalam bentuk benda berharga yang memiliki harga stabil seperti emas. Nah untuk saat ini emas yang diedarkan terdiri dari dua jenis yaitu emas perhiasan dan emas batangan. Untuk emas jenis perhiasan sejak dahulu sudah menjadi alat investasi yang paling favorit untuk para wanita.

Sedangkan untuk emas batangan terbilang jenis baru namun cukup banyak yang berminat untuk memilikinya. Sebab emas batangan memiliki harga jual yang lebih tinggi serta memiliki sertifikat untuk mempermudah jual beli sesuai dengan kadar yang dimilikinya. Saat ini emas batangan banyak dipakai untuk kreasi mahar pernikahan yang lebih awet dan berkesan.

  1. Tanaman hias

Apakah Anda juga sedang mengalami demam tanaman hias seperti orang lainnya? Hal yang sama kembali terjadi dan terulang kembali ketika tanaman hias menjadi barang yang memiliki nilai jual tinggi. Khususnya untuk beberapa jenis tanaman yang memang sedang trend di kalangan masyarakat masa kini.

Saran dari Kami jika Anda ingin mengikuti trend usaha kreatif ini adalah dengan mengikuti arus namun jangan sampai terhanyut. Karena usaha seperti ini biasanya tergantung musim. Dan Anda bisa saja mengalami kerugian jika Anda terhanyut dalam usaha ini terlalu jauh.

Usahakan untuk menjalani usaha tanaman hias dengan santai dan menikmati arusnya. Apalagi jika Anda juga memiliki hobi untuk merawat tanaman hias. Mulai saja dengan beberapa jenis tanaman yang ada. Kembang biakkan sendiri dan jual dengan berbagai keunikan tanaman yang bisa Anda buat. Seperti misalnya menggunakan pot unik,  desain tanaman yang tumbuh dengan bentuk yang menarik dan lain sebagainya.

  1. Make up artist

Memiliki hobi memakai make up namun bingung cara untuk menyalurkannya? Mengapa Anda tak mencoba untuk menjalankan bisnis make up artist saja. Saat ini ada banyak orang yang tertarik untuk menggunakan jasa make up artist untuk riasan spesial mereka pada sebuah acara. Bahkan untuk acara kumpul atau reuni bersama teman saja banyak yang butuh jasa ini agar supaya terlihat lebih cantik dan elegan.

Mengapa Harus Memilih Usaha Kreatif Untuk Bisnis?

Ada beberapa alasan tentang mengapa Anda harus memilih usaha kreatif. Yang pertama adalah karena saat ini persaingan di bidang bisnis sangat ketat. Anda harus bisa memiliki daya tarik tersendiri agar konsumen mau melirik dan memilih usaha yang sedang Anda lakukan.

Alasan yang berikutnya adalah karena usaha kreatif akan selalu memilih jenis usaha yang sesuai trend masa kini. Hal itu akan membuat usaha Anda selalu terasa lebih relevan dengan kondisi dan selalu dicari oleh masyarakat di luar sana. Intinya usaha Anda akan selalu dibutuhkan dan tak ada matinya.

Namun agar supaya usaha kreatif Anda memiliki daya tarik tersendiri maka Anda juga harus memilih jenis usaha yang lebih diminati oleh masyarakat banyak seperti memilih jenis produk yang ramah lingkungan, terbuat dari bahan alami serta tak memberikan banyak resiko ketika Anda menggunakannya. Hal itu akan membuat konsumen akan mempertimbangkan untuk memilih usaha Anda atau lainnya sesuai kebutuhannya.